Thursday, August 30, 2018

Cara mengatasi kegagalan kode verifikasi pada Whatsapp


Cara mengatasi kegagalan kode verifikasi pada whatsapp - Di era modern ini pasti semua orang sudah mengetahui sebagian besar aplikasi yang digunakan untuk chatting, karena kebutuhan setiap umat manusia untuk memberikan kabar atau informasi kepada orang lain secara cepat. Berbeda dengan zaman sebelum tahun 1995 dimana Internet belum ada di Indonesia, masyarakat pada zaman itu memberikan kabar atau informasi perlu menggunakan surat yang dikirim melalui kantor pos untuk sampai ke alamat orang yang akan dituju, hal tersebut akan memakan waktu yang cukup lama agar surat yang dikirimkan dapan mencapai tujuan yang diinginkan sesuai yang tertera pada apamat yang tercantum pada surat tersebut. Selain itu, untuk menunggu balasan dari orang atau alamat yang ingin dituju pun memerlukan waktu yang cukup lama sehingga membuat orang yang menunggu balasan dari surat tersebut terkadang merasa bosan dan lelah. Seiring perkembangan zaman dari tahun ke tahun, beberapa perusahaan penyedia jasa layanan menyediakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengirim pesan secara cepat dan tidak butuh waktu yang lama hanya dalam hitungan detik saja pesan akan tersampaikan kepada pihak yang akan dituju, awalnya pesan tersebut hanya berupa teks saja tapi daei tahun ke tahun pun semakin berkembang hingga saat ini aplikasi untuk mengirim pesan pun bisa digunakan untuk mengirim foto dan video bahkan dapat digunakan untuk telepon menggunakan suara saja atau telepon saling bertatap muka.
Salah satu aplikasi tersebut adalah Whatsapp, aplikasi ini merupakan aplikasi chatting yang menyediakan fitur pengiriman pesan teks, foto, video dan telepon menggunakan suara. Aplikasi ini tidak perlu repot-repot untuk menggunakkannya karena tidak memerlukan ID secara khusus, hanya perlu menggunakan nomor telepon yang anda gunakan pada ponsel atau smartphone anda. Keuntungan ini membuat beberapa pengguna dari whatsapp merasa nyaman untuk menggunakan aplikasi ini karena tidak memerlukan ID khusus. Selain itu, aplikasi ini juga merupakan aplikasi gratis yang artinya anda tidak perlu membayar ketika ingin memiliki aplikasi ini, cukup download saja di Playstore untuk Android. Tetapi bukan berarti aplikasi whatsapp dapat sepenuhnya mudah untuk digunakan, namanya teknologi pasti memiliki kekurangan atau kendala ketika suatu teknologi tersebut digunakan.
Salah satu contoh kendalanya adalah gagalnya masuk ketika kode verifikasi yang dikirim dari pihak whatsapp tidak dapat diterima, imbasnya adalah kegagalan untuk masuk dan menikamati fasilitas yang ada pada aplikasi whatsapp. Ketika melakukan login pada whatsapp selalu ada kode verifikasi yang dikirim oleh pihak whatsapp yang akan anda terima melalui SMS, kode ini nantinya digunakan untuk memverifikasi agar nomor yang anda gunakan dinyatakan valid oleh pihak whatsapp dan dapat digunakan untuk menggunakan fasilitas dan layanan whatsapp secara utuh. Tetapi di dunia ini tidak ada yang namanya teknologi ciptaan manusia yang berupa teknologi sempurna, setiap teknologi pasti punya kelebihan dan kekurangan. Termasuk kode verifikasi dari pihak whatsapp yang terkadang gagal diterima oleh pihak yang akan melakukan verifikasi menggunakan kode yang dikirim pihak whatsapp. Tetap tenang dan coba beberapa hal atau tips agar kode verifikasi bisa sukses, berikut beberapa langkah-langkah agar kode verifikasi whatsapp berhasil :
  1. Lakukanlah tindakan berupa penginstalan ulang aplikasi Whatsapp melalui playstore. Sebelum menginstal ulang pastikan memori yang ada pada smartphone atau ponsel anda memenuhi syarat yaitu bebas ruang kosong agar proses penginstalan dapat berjalan dan sukses tanpa kendala yang cukup memakan waktu.
  2. Lakukanlah pemeriksaan terhadap nomor telepon yang anda ketikkan, pastikan apakah kode negara yang anda gunakan sudah benar atau belum, untuk wilayah negara indonesia kode negaranya adalah (+62). Anda bisa menyesuaikan kode negara tersebut berdasarkan domisili anda saat ini berada di negara mana tempat anda singgah atau tinggal.
  3. Periksalah koneksi internet anda baik melalui Wi-Fi maupun data seluler ( 2G/3G/4G ) danpastikan smartphone anda sedang tidak dalam posisi atau kondisi roaming. Pastikanlah data seluler juga, apakah kartu SIM yang anda gunakan memiliki kuota dan sinyal yang cukup kuat ( minimal 2 bar ), karena pengaruh sinyal pula dapat mempengaruhi proses untuk verifikasi kode dan dapat membuat gagal verifikasi pada aplikasi Whatsapp.
  4. Jika tidak ada masalah ataupun kendala, pihak Whatsapp akan langsung merespon dengan mengirim kode verifikasi yang nantinya akan digunakan untuk verifikasi nomor telepon yang anda masukkan. Kode verifikasi whatsapp akan dikirim melalui via SMS, dan biasanya setelah SMS tersebut diterima kode akan langsung masuk ke dalam aplikasi Whatsapp yang anda gunakan tadi. Jika semuanya terlaksana dan tidak ada kendala, aplikasi Whatsapp akan langsung memverifikasi secara otomatis kode verifikasi yang telah diterima tadi.
  5. Apabila mengalami kendala dalam hal penerimaan kode verifikasi yang dikirimkan pihak Whatsapp, cobalah cek dan periksa layanan SMS yang ada pada Smartphone atau ponsel anda apakah sudah terinstall dengan baik. Bisa juga tidak dapat masuknya kode verifikasi dari pihak Whatsapp disebabkan oleh jaringan yanh kurang memadai untuk menerima pesan berupa SMS atau bisa juga kendala dari operator yanganda gunakan. Kembali lagi pastikan layanan SMS anda di pengaturan.
  6. Apabila kode verifikasi melalui SMS masih mengalami kendala atau masalah, cobalah tunggu beberapa saat hingga timer yang ada pada aplikasi Whatsapp anda ketika pengiriman kode verifikasi habis, sesaat setelahnya akan ada opsi untuk melakukan panggilan agar dapat menerima kode verifikasi yang akan digunakan.
  7. Tunggu beberapa detik hingga ada telepon yang masuk dari pihak whatsapp, lalu coba dengarkan kode verifikasi yang diucapkan melalui telepon dari pihak whatsapp tersebut lalu ketikkan kode tersebut pada kolom verifikasi yang tersedia.
NB:
Pastikan Smartphone atau ponsel anda dapat menerima panggilan karena nantinya kode akan dikirimkan melalui panggilan suara, usahakan cek apakah panggilan berfungsi dengan baik sehingga suara yang dikirimkan melalui panggilan oleh pihak whatsapp dapat diterima dengan baik. Coba cek terlebih dahulu pengaturan panggilan di smartphone atau ponsel anda apakah sudah menon-aktifkan semua batasan panggilan dan pemblokiran panggilan yang dapat membuat kegagalan masuknya paggilan dari pihat whatsapp untuk mengirim kode verifikasi.

  1. Jika masih gagal dengan cara penerimaan kode verifikasi melalui SMS maupun panggilan. Cobalah melalui e-mail, kirimlah e-mail kepada pihak Whatsapp melalui fitur bantuan yang ada pada aplikasi Whatsapp. Sesegera mungkin pihak whatsapp akan merespon e-mail yang telah anda kirimkan dan memberikan bantuan terbaik untuk anda agar dapat menyelesaikan masalah yang sedang anda alami
Demikian langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi kegagalan kode verifikasi yang anda alami, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua para pengguna whatsapp atau calin pengguna whatsapp. Semoga sukses dalam melakukannya dan dapat menikmati fitur-fitur yang ada pada aplikasi Whatsapp yang trpah disediakan oleh pihak perusahaan penyedia jasa aplikasi tersebut.

No comments:

Post a Comment