Saturday, September 1, 2018

Mengenal perangkat input beserta contohnya


Alat masukan atau Input Device adalah suatu bagian dari PC (Personal Computer) yang memiliki tugas yaitu memberikan masukan berupa perintah yang selanjutnya akan diolah pada bagian CPU (Central Processing Unit) yang di dalam hal ini bisa berwujud angka, suara, gambar, huruf, ataupun kombinasi diantara itu semua. Adanya peralatan tersebut menjadikan data lebih mudah untuk dimasukan ke dalam komputer. Perkembangan dari teknologi yang ini membuat para pengguna komputer tidak perlu lagi untuk mencatat dengan tangan sebagai dokumen sumber.

Peralatan masukan atau peranti masukan memiliki fungsi, yaitu:
1. Alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam peranti pemrosesan yang ada di dalam komputer.
2. Alat yang dapat digunakan untuk mengubah kode sehingga memungkinkan setiap data yabg ada pada komputer untuk dikenali oleh komputer tersebut.
3. Alat yang dapat mengirim data dalam bentuk bit ke dalam bagian penyimpanan yang terdapat pada komputer.

Zaman ini perkembangan dari teknologo yang ada pada komputer semakin pesat seiring jumlah pengguna yang dari hari ke hari semakin meningkat jumlahnya, sehingga memungkinkan pabrikan dari komputer untuk menghasilkan suatu teknologi pada komputer agar lebih baik dari komputer generasi sebelum-sebelumnya. Hal ini tentu diiringi dengan peranti atau alat masukan yang semakin ke sini semakin banyak varian atau tipe yang disuguhkan oleh pabrik pembuat agar membuat nyaman para penggunanya. Beberapa alat masukan yang sering digunakan yaitu seperti Keyboard, Joystick, Mouse, Trackpad, Trackball, Pointing Stick, Light Pen, Touch Screen, dan lain-lain.

Keyboard
Keyboard adalah salah satu alat input yang biasa digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer. Data yang masuk ke dalam komputer tersebut dilakukan dengan cara mengetikkan atau menekan tombol yang ada pada keyboard. Di dalam kehidupan sehari-hari yang biasanya dilakukan oleh orang-orang banyak dijumpai berbagai alat yang memanfaatkan keyboard, seperti teleprinter terminal, point of sale terminal, visual display terminal, dan financial transaction terminal.

Mouse
Mouse adalah suatu device yang berbentuk kecil yang desainnya menyerupai cangkang dari hewan kura-kura, device ini dapat mempunyai satu atau lebih tombol di bagian atas depan dan serta dilengkapi oleh bola pada bagian bawahnya. Device ini dapat dihubungkan ke komputer melalui Serial Port atau Mouse Port secara khusus. Mouse berfungsi untuk menggerakkan penunjuk yang ada pada layar monitor komputer, bentuk dari penunjuk tersebut berupa anak panah. Device ini sangat membantu dalam hal menjelajahi tampilan yang ada pada windows dan di dalam suatu aplikasi yang memiliki sifat grafis. Setiap gerakan yang muncul pada layar monitor merupakan hasil penerjemahan gerak oleh sensor yang terpasang di dalam mouse tersebut. Sensor yang digunakan pada mouse adalah sensor cahaya yang mengatur logic "0" dan "1". Apabila cahaya tersebut mengenai bagian rotor yabg tertutup, maka cahaya tidak akan dapat masuk ke dalam photo transistor (pendeteksi cahaya) sehingga nantinya logic "0", dan bila cahaya telah terkena pada bagian rotor yang terbuka maka cahaya tersebut akan masuk sehingga logic bernilai angka "1".

Istilah yang sering digunakan di dalam pengoperasian sebuah mouse:
1. Klik : menekan tombol mouse bagian kiri sebanyak 1 kali
2. Klik ganda (Double Click) : menekan tombol mouse bagian kiri sebanyak 2 kali.
3. Klik kanan (Right Click) : menekan tombol mouse bagian kanan sebanyak 1 kali.
4. Pointer : anak panah yang tampil.pada monitor, dan dapat digerakkan ke segala arah.
5. Drag : menekan tombol mouse bagian kiri, ditahan lalu tarik ke arah yang diinginkan.
6. Select : menyorot sebuah objek untuk dijadikan sasaran yang berikutnya.

Trackball
Trackball merupakan salah satu input device yang memiliki prinsip kerja dan fungsi yang sama dengan mouse. Perbedaannya hanya terletak pada penggerakan kursor, untuk menggerakkan kursor yang diperlukan hanya dengan menggerakkan bola yang terletak pada bagian atas perangkat ini.

Joystick
Joystick bekerja layaknya seperti sebuah mouse. Joystick ini biasanya digunakan untuk mengoperasikan aplikasi berupa permainan yabg ada pada komputer. Joystick ini akan membuat pengguna merasa lebih nyaman dalam bermain permanian ketimbanh memggunakan mouse. Joystick bisa saja berupa sebuah tongkat yang digerakkan sesuai keinginan penggunanya.

Pointing Stick
Pointing stick adalah salah satu perangkat input penunjuk yang berwujud karet. Device ini berguna untuk menggerakkan kursor pada monitor yang dilakukan dengan cara menekan perangkat ini ke arah yang diinginkan. Pointing stick ini banyak dijumpai pada laptop-laptop generasi lama.

Layar sentuh (Touch Screen)
Layar sentuh adalah salah satu jenis layar yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan program yang ada pada komputer dengan cara menyentuh ikon yang ada pada layar monitor menggunakan ujung jari. Perangkat ini sudah banyak digunakan di pusat perbelanjaan seperti mal dan supermarket yang terdapat di Indonesia sebagai salah satu media untuk mendapatkan informasi yang ada.

Light Pen
Light pen adalah salah satu perangkat yang digunakan untuk mengendalikan program aplikasi yang ada pada komputer dengan cara menempelkan ujung pena pada layar monitor komputer. Prinsip kerja dari light pen ini mirip dengan touch screen, hanya saja untuk light pen ini memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan touch screen, karena pada ujungnya berbentuk lebih runcing dibandingkan ujung jari manusia.

Touch pad
Touchpad adalah salah satu alat input kursor yang berupa tempat datar untuk menggerakkan kursor yang ada pada monitor dengan menggeserkan jari pada papan datar tersebut. Jika ingin melakukan aksi hanya perlu menekan tombol yang ada pada bagian bawahnya atau bisa juga dengan mengetuk sebanyak dua kali pada bagian touch pad tersebut. Touch pad ini serinh dijumpai pada laptop.

Barcode Reader
Sistem kerja dari barcode reader ini yaitu dengan cara membaca pola gaaris hitam putih yang nantinya akan dikonversi menjadi sebuah sinyal digital. Barcode reader ini sering dijumoao di swalayan untuk mempercepat input data transaksi, biasanya alat ini terletak pada meja kasir.

Scanner
Scanner adalah salah saty perangkat input yang digunakan untuk membaca gambar, teks, atau bisa juga tulisan tangan manusia yang nantinya akan dikonversi menjadi suatu sinyal digital dan kemudian disimpan pada suatu disk yang akan diproses sesuai dengan keinginan penggunannya.

Fingerprint reader
Fingerprint reader adalah salah satu perangkat input yang bekerja dengan cara membaca sidik jari tangan manusia. Hasil pembacaan sidik jari tersebut berupa pola-pola atau rumus sidik jari. Di perusahaan besar atau instansi telah memanfaatkan teknologi ini sebagai suatu alat untuk menangani absensi karyawannya.

Optical Mark Recognation (OMR)
OMR adalah suatu alat yang dapat membaca blok atau goresan pensil pada suatu kertas dan kemudian menerjemahkannya menjadi sebuah sinyal yang dapat dikenali oleh komputer penggunanya. Penggunaan dari alat ini sering dijumpai pada pengolahan Lembar Jawab Komputer (LJK) yang sering digunakan pada ujian atau bisa juga digunakan untuk formulir isian  yang telah diformat dengan menggunakan bantuan OMR. Selain cepat, OMR dapat membantu mengurangi kesalahan yang sering ditimbulkan oleh pemakainya akibat banyaknya lembar kertas yang harus dikoreksi secara manual.

Optical Character Reader (OCR)
OCR adalah suatu alat yang digunakan untuk membaca teks atau tulisan, bisa berupa tulisan tangan ataupun teks hasil cetakan yamg nantinya akan diterjemahkan menjadi sebuah sinyal yang dapay dikenali oleh komputer. Di dalam perkembangannya, alat ini memungkinkan mengubah suatu tulisan untuk menjadi suara, merekam naskah, serta mencatat hal-hal yang penting dan kemudian menyimpannya. Alat ini biasanya sering dijumpai pada premium notice, insurance, dan billing.

Microphone
Microphone merupakan suatu perangkat input data yang berupa suara dengan cara mengubah tekanan udara menjadi sebuah sinyal listrik. Microphone pada saat ini telah memiliki beberapa jenis seperti microphone karbon yang sering digunakan pada pesawat telepon pada pertama kali atau microphone dinamis yang sistem kerjanya memanfaatkan grtaran elektromagnetik. Selain itu ada juga microphone kondensor, microphone pita, dan microphone kristal.

Sensor
Sensor adalah suatu perangkat input yanh mampu menangkap data secara fisik. Data yang telah dutangkap dengan sensor akan dikonversi dengan analog-to-digital converter kemudian akan diinput ke dalam komputer penggunanya.

Voice Recognize
Voice Recognize merupakan suatu perangkat input yang bekerja dengan cara mengenali suara yang dikeluarkan oleh manusia. Di dalam menggunakannya diperlukan latihan agar komputer dapat mengenali bentuk suara dari penggunanya. Kata-kata yang diucapkan oleh pemakainya nantinya akan diubah ke dalam bentuk digital lalu disimpan sebagai suatu data tempat khusus sebagai kamus komputer.

Smart Card
Smart card adalah suatu kartu yang dilengkapi dengan chip di dalamnya yang mengandung prosesor, RAM dan ROM, serta dilengkapi dengan sistem operasi dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi. Kartu cerdas ini biasanya digunakan sebagai kartu telepon prabayar yang dapat menyimpan data.


No comments:

Post a Comment