Alat masukan atau
Input Device adalah suatu bagian dari PC (Personal Computer) yang memiliki
tugas yaitu memberikan masukan berupa perintah yang selanjutnya akan diolah pada
bagian CPU (Central Processing Unit) yang di dalam hal ini bisa berwujud angka,
suara, gambar, huruf, ataupun kombinasi diantara itu semua. Adanya peralatan
tersebut menjadikan data lebih mudah untuk dimasukan ke dalam komputer.
Perkembangan dari teknologi yang ini membuat para pengguna komputer tidak perlu
lagi untuk mencatat dengan tangan sebagai dokumen sumber.
Peralatan masukan atau peranti masukan memiliki
fungsi, yaitu:
1. Alat yang digunakan untuk memasukkan
data ke dalam peranti pemrosesan yang ada di dalam komputer.
2. Alat yang dapat digunakan untuk
mengubah kode sehingga memungkinkan setiap data yabg ada pada komputer untuk
dikenali oleh komputer tersebut.
3. Alat yang dapat mengirim data dalam
bentuk bit ke dalam bagian penyimpanan yang terdapat pada komputer.
Zaman ini
perkembangan dari teknologo yang ada pada komputer semakin pesat seiring jumlah
pengguna yang dari hari ke hari semakin meningkat jumlahnya, sehingga
memungkinkan pabrikan dari komputer untuk menghasilkan suatu teknologi pada
komputer agar lebih baik dari komputer generasi sebelum-sebelumnya. Hal ini
tentu diiringi dengan peranti atau alat masukan yang semakin ke sini semakin
banyak varian atau tipe yang disuguhkan oleh pabrik pembuat agar membuat nyaman
para penggunanya. Beberapa alat masukan yang sering digunakan yaitu seperti
Keyboard, Joystick, Mouse, Trackpad, Trackball, Pointing Stick, Light Pen,
Touch Screen, dan lain-lain.
Keyboard
Keyboard adalah
salah satu alat input yang biasa digunakan untuk memasukkan data ke dalam
komputer. Data yang masuk ke dalam komputer tersebut dilakukan dengan cara
mengetikkan atau menekan tombol yang ada pada keyboard. Di dalam kehidupan
sehari-hari yang biasanya dilakukan oleh orang-orang banyak dijumpai berbagai
alat yang memanfaatkan keyboard, seperti teleprinter terminal, point of sale
terminal, visual display terminal, dan financial transaction terminal.
Mouse
Mouse adalah
suatu device yang berbentuk kecil yang desainnya menyerupai cangkang dari hewan
kura-kura, device ini dapat mempunyai satu atau lebih tombol di bagian atas
depan dan serta dilengkapi oleh bola pada bagian bawahnya. Device ini dapat
dihubungkan ke komputer melalui Serial Port atau Mouse Port secara khusus.
Mouse berfungsi untuk menggerakkan penunjuk yang ada pada layar monitor komputer,
bentuk dari penunjuk tersebut berupa anak panah. Device ini sangat membantu
dalam hal menjelajahi tampilan yang ada pada windows dan di dalam suatu
aplikasi yang memiliki sifat grafis. Setiap gerakan yang muncul pada layar
monitor merupakan hasil penerjemahan gerak oleh sensor yang terpasang di dalam
mouse tersebut. Sensor yang digunakan pada mouse adalah sensor cahaya yang
mengatur logic "0" dan "1". Apabila cahaya tersebut
mengenai bagian rotor yabg tertutup, maka cahaya tidak akan dapat masuk ke
dalam photo transistor (pendeteksi cahaya) sehingga nantinya logic
"0", dan bila cahaya telah terkena pada bagian rotor yang terbuka
maka cahaya tersebut akan masuk sehingga logic bernilai angka "1".
Istilah yang sering digunakan di dalam
pengoperasian sebuah mouse:
1. Klik : menekan tombol mouse bagian
kiri sebanyak 1 kali
2. Klik ganda (Double Click) : menekan
tombol mouse bagian kiri sebanyak 2 kali.
3. Klik kanan (Right Click) : menekan
tombol mouse bagian kanan sebanyak 1 kali.
4. Pointer : anak panah yang tampil.pada
monitor, dan dapat digerakkan ke segala arah.
5. Drag : menekan tombol mouse bagian
kiri, ditahan lalu tarik ke arah yang diinginkan.
6. Select : menyorot sebuah objek untuk
dijadikan sasaran yang berikutnya.
Trackball
Trackball
merupakan salah satu input device yang memiliki prinsip kerja dan fungsi yang
sama dengan mouse. Perbedaannya hanya terletak pada penggerakan kursor, untuk
menggerakkan kursor yang diperlukan hanya dengan menggerakkan bola yang
terletak pada bagian atas perangkat ini.
Joystick
Joystick bekerja
layaknya seperti sebuah mouse. Joystick ini biasanya digunakan untuk
mengoperasikan aplikasi berupa permainan yabg ada pada komputer. Joystick ini
akan membuat pengguna merasa lebih nyaman dalam bermain permanian ketimbanh
memggunakan mouse. Joystick bisa saja berupa sebuah tongkat yang digerakkan
sesuai keinginan penggunanya.
Pointing
Stick
Pointing stick
adalah salah satu perangkat input penunjuk yang berwujud karet. Device ini
berguna untuk menggerakkan kursor pada monitor yang dilakukan dengan cara menekan
perangkat ini ke arah yang diinginkan. Pointing stick ini banyak dijumpai pada
laptop-laptop generasi lama.
Layar
sentuh (Touch Screen)
Layar sentuh adalah
salah satu jenis layar yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan program
yang ada pada komputer dengan cara menyentuh ikon yang ada pada layar monitor
menggunakan ujung jari. Perangkat ini sudah banyak digunakan di pusat
perbelanjaan seperti mal dan supermarket yang terdapat di Indonesia sebagai
salah satu media untuk mendapatkan informasi yang ada.
Light
Pen
Light pen adalah
salah satu perangkat yang digunakan untuk mengendalikan program aplikasi yang
ada pada komputer dengan cara menempelkan ujung pena pada layar monitor komputer.
Prinsip kerja dari light pen ini mirip dengan touch screen, hanya saja untuk
light pen ini memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan
touch screen, karena pada ujungnya berbentuk lebih runcing dibandingkan ujung
jari manusia.
Touch
pad
Touchpad adalah
salah satu alat input kursor yang berupa tempat datar untuk menggerakkan kursor
yang ada pada monitor dengan menggeserkan jari pada papan datar tersebut. Jika
ingin melakukan aksi hanya perlu menekan tombol yang ada pada bagian bawahnya atau
bisa juga dengan mengetuk sebanyak dua kali pada bagian touch pad tersebut.
Touch pad ini serinh dijumpai pada laptop.
Barcode
Reader
Sistem kerja
dari barcode reader ini yaitu dengan cara membaca pola gaaris hitam putih yang nantinya
akan dikonversi menjadi sebuah sinyal digital. Barcode reader ini sering
dijumoao di swalayan untuk mempercepat input data transaksi, biasanya alat ini
terletak pada meja kasir.
Scanner
Scanner adalah
salah saty perangkat input yang digunakan untuk membaca gambar, teks, atau bisa
juga tulisan tangan manusia yang nantinya akan dikonversi menjadi suatu sinyal
digital dan kemudian disimpan pada suatu disk yang akan diproses sesuai dengan
keinginan penggunannya.
Fingerprint
reader
Fingerprint
reader adalah salah satu perangkat input yang bekerja dengan cara membaca sidik
jari tangan manusia. Hasil pembacaan sidik jari tersebut berupa pola-pola atau
rumus sidik jari. Di perusahaan besar atau instansi telah memanfaatkan teknologi
ini sebagai suatu alat untuk menangani absensi karyawannya.
Optical
Mark Recognation (OMR)
OMR adalah suatu
alat yang dapat membaca blok atau goresan pensil pada suatu kertas dan kemudian
menerjemahkannya menjadi sebuah sinyal yang dapat dikenali oleh komputer penggunanya.
Penggunaan dari alat ini sering dijumpai pada pengolahan Lembar Jawab Komputer
(LJK) yang sering digunakan pada ujian atau bisa juga digunakan untuk formulir
isian yang telah diformat dengan
menggunakan bantuan OMR. Selain cepat, OMR dapat membantu mengurangi kesalahan
yang sering ditimbulkan oleh pemakainya akibat banyaknya lembar kertas yang
harus dikoreksi secara manual.
Optical
Character Reader (OCR)
OCR adalah suatu
alat yang digunakan untuk membaca teks atau tulisan, bisa berupa tulisan tangan
ataupun teks hasil cetakan yamg nantinya akan diterjemahkan menjadi sebuah sinyal
yang dapay dikenali oleh komputer. Di dalam perkembangannya, alat ini memungkinkan
mengubah suatu tulisan untuk menjadi suara, merekam naskah, serta mencatat
hal-hal yang penting dan kemudian menyimpannya. Alat ini biasanya sering dijumpai
pada premium notice, insurance, dan billing.
Microphone
Microphone
merupakan suatu perangkat input data yang berupa suara dengan cara mengubah
tekanan udara menjadi sebuah sinyal listrik. Microphone pada saat ini telah
memiliki beberapa jenis seperti microphone karbon yang sering digunakan pada
pesawat telepon pada pertama kali atau microphone dinamis yang sistem kerjanya
memanfaatkan grtaran elektromagnetik. Selain itu ada juga microphone kondensor,
microphone pita, dan microphone kristal.
Sensor
Sensor adalah
suatu perangkat input yanh mampu menangkap data secara fisik. Data yang telah
dutangkap dengan sensor akan dikonversi dengan analog-to-digital converter kemudian
akan diinput ke dalam komputer penggunanya.
Voice
Recognize
Voice Recognize
merupakan suatu perangkat input yang bekerja dengan cara mengenali suara yang
dikeluarkan oleh manusia. Di dalam menggunakannya diperlukan latihan agar komputer
dapat mengenali bentuk suara dari penggunanya. Kata-kata yang diucapkan oleh
pemakainya nantinya akan diubah ke dalam bentuk digital lalu disimpan sebagai
suatu data tempat khusus sebagai kamus komputer.
Smart
Card
Smart card
adalah suatu kartu yang dilengkapi dengan chip di dalamnya yang mengandung
prosesor, RAM dan ROM, serta dilengkapi dengan sistem operasi dengan tingkat
keamanan yang sangat tinggi. Kartu cerdas ini biasanya digunakan sebagai kartu
telepon prabayar yang dapat menyimpan data.
No comments:
Post a Comment